Simak 9 Jurusan Langka di Indonesia, Bisa untuk Referensi SNPMB 2023

Meski termasuk jurusan langka, namun beberapa jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang terbuka lebar.

JurnalGuru.id — Calon mahasiswa yang mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, saat ini mungkin ada yang masih galau belum menentukan pilihan jurusan kuliah.

Di perguruan tinggi negeri (PTN) ada banyak sekali jurusan kuliah yang bisa memfasilitasi bakat dan minat para calon mahasiswa.

Namun dari sekian banyak jurusan kuliah, ada perguruan tinggi negeri yang punya jurusan langka karena hanya ada satu di Indonesia.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Meski termasuk jurusan langka, namun beberapa jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Pasalnya belum banyak sumber daya manusia (SDM) yang punya keahlian di bidang tersebut.

Jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia

Merangkum dari Kompas.com, Senin (6/2/2023) berikut 9 jurusan langka di beberapa PTN Indonesia.

1. Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada (UGM)

Calon mahasiswa perlu tahu bahwa jurusan Teknik Nuklir ini hanya ada di UGM. Jurusan Teknik Nuklir adalah sebuah program studi yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya.

Meskipun jurusan ini hanya ada satu di Indonesia, Teknik Nuklir punya prospek kerja yang sangat luas. Mulai dari perusahaan pertambangan, perminyakan dan perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir.

Seperti Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM, dan sebagainya.

Baca Juga  Ini 9 Jurusan Kuliah Menjanjikan Masa Depan, Bisa untuk Referensi Ikut SNPMB 2023

2. Astronomi, Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia adalah jurusan Astronomi ITB. Jika kamu siswa yang suka mengamati tata surya, jurusan ini bisa jadi pilihan di SNPMB 2023. Meski langka, jurusan ini punya prospek kerja cerah.

Lembaga yang membutuhkan lulusan Astronomi mulai dari lembaga penelitian, pusat sains, lembaga antariksa, planetarium, observatorium, media massa, sekolah, sampai ke perguruan tinggi.

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Universitas Airlangga (Unair)

Program S1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga (Unair) masih menjadi satu-satunya di Indonesia.

Semakin canggihnya perkembangan zaman, SDM yang punya keahlian di bidang teknologi juga makin banyak dicari.

Robotika merupakan salah satu disiplin ilmu yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu seperti sistem mekanika, elektronika, dan komputer.

4. Rekayasa Nanoteknologi Universitas Airlangga (Unair)

Unair masih punya jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia. Yakni Jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Tak hanya satu-satunya di Indonesia, jurusan sarjana Rekayasa Nanoteknologi Unair juga yang pertama di Indonesia.

Penguasaan nanoteknologi akan memungkinkan berbagai penemuan baru yang bukan sekadar memberikan nilai tambah terhadap suatu produk tapi juga menciptakan nilai bagi suatu produk.

5. Sains Atmosfer dan Keplanetan, Institut Teknologi Sumatera (Itera)

Prodi Sains Atmosfer Itera merupakan jurusan yang mengkaji atmosfer antariksa dekat yang mempelajari perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi.

Selain itu program studi ini juga mengkaji tentang atmosfer antariksa jauh yang mana mempelajari interaksi antara Matahari terhadap Bumi dan planet-planet lainnya dalam sistem Tata Surya.

6. Sastra Belanda, Universitas Indonesia (UI)

Ada banyak jurusan sastra dari berbagai negara yang dimiliki sejumlah PTN di Indonesia. Namun jika kamu tertarik mendalami Sastra Belanda, jurusan ini hanya ada di Universitas Indonesia (UI).

Baca Juga  Begini Strategi Lolos Seleksi Jalur Mandiri UGM 2023, Pilih 8 Jurusan Kuliah Jarang Peminat

Mahasiswa Sastra Belanda akan mempelajari dari sejarah, politik, kebiasaan masyarakat, dan kulturnya. Mahasiswa juga akan belajar soal linguistik, sastra, sejarah, dan kebudayaannya.

Lulusan Sastra Belanda memiliki prospek kerja yang terbilang cukup luas. Selain bekerja sebagai penerjemah bahasa Belanda, lulusannya juga bisa bekerja sebagai penulis, novelis, content writer, hingga staf di Kementerian Luar Negeri, entrepreneur, dan tentunya akademisi.

7. Teknik Transportasi Laut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Departemen Teknik Transportasi Laut merupakan departemen termuda di Fakultas Teknologi Kelautan, ITS.

Mahasiswa prodi Transportasi Laut belajar tentang perencanaan dan analisa angkutan laut, multimoda, kegiatan dan infrastruktur pelabuhan, dan desain konseptual kapal yang berorientasi internasional.

Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi lapang pekerjaan di bidang industri pelayaran, pelabuhan, galangan kapal, logistik dan angkutan multimoda, industri minyak dan gas, perbankan dan asuransi, serta sektor pemerintahan.

8. Ilmu Keluarga dan Konsumen, Institut Pertanian Bogor (IPB University)

IPB juga punya jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia. Yakni program studi Ilmu Keluarga dan Konsumen.

Prospek kerja dari program studi ini cukup beragam. Lulusannya bisa bekerja menjadi seorang konsultan di bidang perlindungan konsumen dan keluarga, tumbuh kembang anak, dan perlindungan perempuan, tenaga pengajar dan pengelola pendidikan di sekolah-sekolah, spesialis riset pemasaran konsumen, hingga sebagai bagian dari lembaga pemerintah BKKBN.

9. Manajemen Industri Katering, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Saat ini, prodi Manajemen Studi Katering Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan yang pertama dan satu-satunya dalam jenjang Strata I (S1) di Indonesia.

Jika kamu punya cita-cita ingin memiliki bisnis restoran atau kafe, jurusan ini bisa dijadikan pilihan dalam SNPMB 2023. Selain itu, jurusan ini juga cocok untuk kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia pariwisata dan kuliner.

Baca Juga  Ada 10 Jurusan Sepi Peminat di UI, ITB, dan UGM, Peluang Lolos di PTN Terbaik Terbuka Lebar

Demikian 9 jurusan langka hanya hanya ada satu di Indonesia. Jurusan langka ini bisa dijadikan pilihan para calon mahasiswa saat mendaftar SNPMB 2023.

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “9 Jurusan Langka di Indonesia, Tertarik Daftar untuk SNPMB 2023?

Comments
Loading...