Edukasi Peduli Lingkungan, SMAN 2 Purwakarta Amalkan GEMAS

GEMAS adalah program rutin sekolah setiap satu minggu sekali

JurnalGuru.id — Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Purwakarta mengamalkan Gerakan Memungut Sampah (GEMAS) di lingkungan sekolah, Jumat (3/2/2023) pagi.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan aksi dan edukasi dari Komunitas Satuan Pendidikan Peduli Edukasi (SAPULIDI) DAS Citarum Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Kepala SMAN 2 Purwakarta, Emma Sukmasih mengatakan, GEMAS adalah program rutin sekolah setiap satu minggu sekali yang juga digagas oleh Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV.

Jangan Lewatkan
1 of 138

Kegiatan tersebut diharapkan mampu memacu siswa membersihkan lingkungannya untuk membentuk karakter tanggung jawab.

“Sebagai umat muslim, kebersihan itu sebagian dari iman. Jadi, jangan slogan saja, tapi harus kita aplikasikan dalam kehidupan nyata,” tegasnya.

Seluruh civitas akademika yang ada di sini, lanjutnya, melaksanakan program tersebut secara bergilir.

“Karena, di hari Jumat tidak hanya ada GAMES. Tapi juga ada kegiatan religi yang kami bagi di antara anak-anak kami supaya mereka bisa melaksanakan satu kegiatan-kegiatan yang ada di sini. Ada ngaji, GAMES, berbagi, peduli pada teman,” tuturnya.

Sedangkan Koordinator Komunitas SAPULIDI DAS Citarum Disdik Jabar, Asep Junardi berharap kegiatan tersebut mampu menjadikan siswa sebagai pionir untuk rekan-rekannya dalam menjaga lingkungan.

“Kita harap generasi sekarang mampu melanjutkan dan memberi edukasi (tentang peduli lingkungan) kepada generasi selanjutnya,” harapnya.

Ke depan, tambahnya, komunitasnya akan melakukan roadshow ke berbagai kantor cabang dinas pendidikan wilayah untuk menyosialisasikan gerakan peduli lingkungan.

Salah satu siswa SMAN 2 Purwakarta, Keisya Dewi Jasmine membuat poster unik tentang menjaga lingkungan. Ia membuat poster dengan menjadikan sampah sebagai ornamennya.

Baca Juga  Siswa SD dan SMP Diminta Taati Ketentuan Seragam Sekolah

Poster tersebut mengampanyekan agar manusia lebih peduli pada kebersihan laut dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan.

(Sumber: Disdik Jabar)

Comments
Loading...