Lima Tips Jitu supaya Lolos Masuk UGM Angkatan 2023

Kampus yang beralamat di Bulak Sumur Yogyakarta ini sudah lama dikenal dengan kualitas pendidikannya yang terbaik

JurnalGuru.id — Lulusan SMA atau sederajat kerap mengincar Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai salah satu kampus untuk melanjutkan ke perguruan tinggi favorit.

Kampus yang beralamat di Bulak Sumur Yogyakarta ini sudah lama dikenal dengan kualitas pendidikannya yang terbaik. Bahkan pihak kampus ikut menyiapkan beasiswa bagi siswa tak mampu dengan bekerjasama dengan pihak swasta.

Nah, tentunya agar bisa diterima sebagai mahasiswa UGM, kalian perlu berusaha. Di sini bakal dibagikan bagaimana cara lolos masuk UGM. Yuk, simak trik dan tipsnya di sini.

Jangan Lewatkan
1 of 527

1. Pilih Jurusan dan Pertimbangkan Passing Grade

Calon mahasiswa perlu memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, sebenarnya kalian juga bisa mempertimbangkan passing grade jurusan-jurusan.

Setiap jurusan di PTN seperti UGM punya passing grade dan tingkat kelulusan yang beda-beda. Kalo mau, kalian bisa milih jurusan yang kompetitornya rendah namun tetap termasuk yang diminati kalian. Makin rendah persaingan, makin besar peluang lolos masuk UGM.

2. Rajin Latihan Soal SBMPTN atau SNBT

Di UGM, biasanya ada 3 jalur masuk seleksi mahasiswa baru. Ada SNMPTN atau SNBP, SBMPTN atau SNBT, dan Ujian Mandiri UGM. Kalian bisa mendapat informasinya lewat laman resmi UGM.

Masing-masing jenis seleksi punya perbedaannya. SNBP misalnya, kelulusan ditentukan dari prestasi akademik di sekolah.

Nah, kalo nggak lolos SNBP, kalian bisa mencoba jalur SNBT dan Ujian Mandiri UGM. Di dua jalur itu, ada tes ujian tulis yang berbasis komputer.

Baca Juga  Simak 4 Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

Ada baiknya, kalian belajar giat dengan latihan soal SNBT dan Ujian Mandiri UGM. Contoh-contoh soal bisa kalian dapatkan dari buku maupun internet. Atau, bisa juga dengan mengikuti acara tryout seleksi masuk UGM.

3. Menyiapkan Dokumen Penunjang

Kamu perlu menyiapkan dokumen-dokumen penting untuk pendaftaran SNBP, SNBT, atau Ujian Mandiri UGM dengan teliti. Simpan dokumen-dokumen itu agar mudah saat nanti memasukan data pendaftaran.

4. Selalu Semangat dan Kuatkan Niat

Kalian harus selalu semangat buat belajar. Kuatkan tekad dan selalu jaga motivasi agar mau terus latihan soal SNBT dan Ujian Mandiri UGM. Tanyakan dan selalu ingatkan diri, kenapa kalian mau masuk UGM.

5. Menyiapkan Fisik dan Jaga Kesehatan

Hal ini penting banget. Jangan cuma belajar mulu. Jaga kesehatan dan fisik lebih penting agar nantinya saat tes seleksi masuk UGM bisa lancar.

Makanlah makanan yang bergizi. Jangan lupa juga untuk olahraga ya!

Itulah beberapa tips dan trik lolos masuk UGM. Nggak sulit-sulit banget kan? Hanya butuh kedisiplinan dan tekad kuat.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini udah tayang di SINDOnews.com dengan judul “Tips Jitu Lolos Masuk UGM Angkatan 2023, Lakukan 5 Hal Ini Peluang Masuknya Besar

Comments
Loading...