Keren, Siswa Jabar Simulasikan Penerbangan Roket ke Luar Angkasa

Chaidar bersama 26 siswa dari berbagai benua berkesempatan mengenal lebih dekat dunia antariksa dan serba-serbinya

JurnalGuru.id — Namanya Chaidar Nadif Prasetya, siswa SMAS Darul Hikam Internasional yang tahun lalu mengikuti “Youth Space Camp Exchange 2022” di Pusat Antariksa & Roket di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat.

Chaidar bersama 26 siswa dari berbagai benua berkesempatan mengenal lebih dekat dunia antariksa dan serba-serbinya selama 16 hari.

Simulasi penerbangan roket tersebut dinamakan Extended Duration Missions (EDM). Chaidar menjelaskan, EDM adalah simulasi peluncuran roket.

Jangan Lewatkan
1 of 138

Mulai dari mempersiapkan mesin roket hingga alih kendali. Simulasi tersebut bersakala 1:2, artinya para siswa merasakan setengahnya suasana yang dirasakan oleh astronaut NASA saat menerbangkan roket.

“Simulasinya sangat realistis. Dari situ benar-benar dites kemampuan komunikasi, problem solving. Itu paling susah dan paling berkesan. Bahkan, perasaan pas selesai misinya benar-benar melegakan,” ungkapnya saat ditemui di sekolah, Jln. Maribaya No. 8, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (24/1/2023).

Selain meluncurkan roket, siswa yang pernah menjadi ketua OSIS ini pun mendapat banyak pelajaran baru tentang dunia teknik antariksa, mulai dari pengenalan tentang teknik aerospace, studi, dan praktik berbasis STEM hingga membuat project berkelanjutan.

Keikutsertaan Chaidar tak lepas dari peran sekolah. Kepala SMAS Darul Hikam Internasional, Binar kasih Sejati menuturkan, pihaknya berkomitmen mendukung pengembangan minat dan bakat siswa. Hal tersebut tak hanya dilakukan di sekolah, melainkan juga di luar sekolah.

Kepala SMAS Darul Hikam Internasional, Binar kasih Sejati.

Dengan manajeman yang matang, sekolahnya tak henti melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan visi tersebut. Chaidar adalah bukti berhasilnya peran sekolah dalam mendukung minat siswa melalui kolaborasi.

Baca Juga  Putri Ariani Baca Surat Ar-Rahman di Sekolah Musik Amerika Serikat

“Kita sudah bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan US Embassy di Indonesia. Karena sudah bekerja sama, mereka memberitahu ada program interchange tersebut yang memang close selection. Jadi, kita ikuti dan akhirnya lolos,” ungkapnya saat ditemui di sekolah, Jln. Maribaya No. 8, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (24/1/2023).

Sekolah pun, lanjutnya, turut mendampingi Chaidar dalam proses pengumpulan persyaratan. Salah satunya me-review esai dan video profil.

“Jadi, kita juga lakukan review, sempat ada revisi juga. Jadi, memang ada prosesnya,” tuturnya.

Tips Kenali Minat dan Bakat

Binar pun mendorong seluruh siswa agar bisa mengenali dan mengoptimalkan minat dan bakat yang dimiliki. Beberapa tips yang disampaikan adalah kenali diri sendiri. Tahap ini bisa dibantu juga oleh guru.

“Kenali diri, apa kemampuan kita, apa yang mau digali. Mau meningkatkan kekurangan atau memperbaiki kelebihan. Jadi, harus spesifik lagi,” pesannya.

Lalu, tambahnya, jangan ragu meminta bantuan. “Jangan takut untuk dilatih, meminta pendapat guru atau ke orang tua,” imbuhnya.

Hal tersebut, menurutnya, harus didorong dengan terus banyak membaca dan melihat kisah inspiratif para tokoh.

“Terakhir, jangan lupa berdoa. Ini penting, apakah usaha kita berhasil atau enggak harus tetap berdoa,” tegasnya.

(Sumber: Disdikjabar)

Artikel ini sudah tayang di Disdikjabar dengan judul “Komitmen SMAS Darul Hikam Internasional Dukung Minat Bakat Anak

Comments
Loading...