Mahasiswa Sudah Direkrut Perusahaan Sebelum Lulus, Ini Daftar Jurusan Kuliahnya

Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus tetapi sudah kerja.

JurnalGuru.id — Mahasiswa dapat bekerja di perusahaan tidak harus menunggu lulus kuliah dahulu. Belum mempunyai ijazah pun bukan halangan untuk memperolah pekerjaan bagi mahasiswa.

Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus tetapi sudah kerja. Jurusan apa yang bisa menunjang dua aktivitas tersebut secara bersamaan?

Berdasarkan hasil penelusuran Tim SINDOnews, Berikut daftar jurusan kuliah yang mahasiswanya sudah bekerja sebelum lulus.

Jangan Lewatkan
1 of 540

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Salah satu jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus tapi sudah bisa kerja adalah Desain Komunikasi Visual (DKV).

DKV merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dengan ungkapan kreatif.

Seorang sarjana DKV harus dapat mengolah pesan secara efektif, informatif serta komunikatif.

Terdapat tiga peminatan di jurusan DKV, antara lain komunikasi grafis, komunikasi multimedia, komunikasi visual periklanan.

Mahasiswa jurusan ini dapat menjadi seorang freelancer desain grafis, ilustrator, fotografer, animator hingga web designer.

Prospek kerja setelah lulus dari DKV pun beragam, mulai dari wirausaha, biro konsultan desain, advertising, production house, bekerja di stasiun televisi, percetakan hingga penerbitan.

2. Sastra

Mahasiswa jurusan sastra juga dapat menambah pundi-pundi uangnya sebelum dinyatakan lulus kuliah.

Biasanya mahasiswa ini mengajar di suatu tempat hingga freelancer.

Dengan keterampilan dan keahlian bahasa asing yang dimilikinya, para mahasiswa dapat mengimplementasikannya di dunia kerja.

Berkuliah di jurusan sastra dapat memberikan tambahan ilmu menulis.

Mahasiswa jurusan sastra dapat bekerja sebagai editor, jurnalis, copywriter, content writer, production house, hingga bekerja di instansi pemerintah dan kantor kedutaan besar.

Baca Juga  Kuota Beasiswa Ditambah Jadi 250 Mahasiswa, Grand Syeikh Al Azhar: Kami Sangat Respek kepada Anak-anak Indonesia

3. Arsitektur

Arsitektur merupakan jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus sudah dapat bekerja. Mahasiswa jurusan ini dapat bekerja di biro arsitek.

Bekerja di biro arsitektur dapat memberi pengetahuan terkait seluk beluk manajemen perusahaan serta memberi pengetahuan terkait koordinasi dalam suatu proyek.

Menjadi seorang freelancer, membuat start up company hingga bekerja di suatu perusahaan mempunyai potensi dalam memanfaatkan ilmu arsitektur.

4. Teknik Informatika

Saat berkuliah di jurusan teknik informatika, mahasiswa akan mempelajari berbagai prinsip yang berkaitan dengan ilmu komputer, mulai dari perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak.

Jurusan ini sangat mudah ditemukan, mulai dari universitas negeri hingga sekolah tinggi swasta.

Jadwal kuliahnya juga fleksibel, mulai dari kelas malam, dari Senin hingga Sabtu. Sejumlah kampus bahkan menyediakan kelas akhir pekan.

5. Pariwisata

Industri Pariwisata di Indonesia cukup seksi. Ini adalah jurusan kuliah terbaik untuk kamu yang passion dengan dunia pariwisata dan ingin berkarier di industrinya.

Dengan masuk jurusan ini kamu bisa dipersiapkan menjadi tenaga handal di bidang Pariwisata.

Kamu bisa belajar bagaimana menjalankan manajemen suatu tempat wisata, menjalankan bisnis tour and travel, dan perhotelan.

Di jurusan ini kamu akan dipersiapkan dengan beberapa materi seperti psikologi jasa, ekonomi pariwisata, bahasa asing, hukum pariwisata, dan lain-lain.

6. Desain Produk

Majunya industri kreatif beberapa tahun baru-baru ini ini membuat mahasiswa jurusan desain produk mempunyai kesempatan karier yang wajib dipertimbangkan oleh perusahaan.

Coba saja kau perhatikan produk-produk dalam negeri yang mempunyai bentuk dan kemasan unik pasti akan lebih kencang dilirik dan dikenal oleh masyarakat karena mempunyai nilai jual lebih yang menarik.

Saat mengambil jurusan kuliah desain produk ini, cobalah untuk meniru pertandingan-laga desain kreatif sehingga kamu bisa menambah pengalaman sebelum lulus kuliah.

Baca Juga  UGM Sediakan Sarapan Gratis Untuk Mahasiswa Selama Ujian Semester

7. Desain Mode

Masih berkutat di dunia seni kreatif, selain jurusan kuliah DKV dan desain produk, ada desain mode yang semestinya dilirik perusahaan.

Seperti yang kalian kenal, industri fashion di Indonesia memang sedang berkembang kencang, baik itu fashion busana muslim sampai fashion yang memadukan kain-kain tradisional khas Indonesia.

Tak hanya dapat mengembangkan bisnis dan karier di dalam negeri, kalian juga mempunyai peluang untuk mengembangkan sayap ke luar negeri. Peluang seperti ini tentunya sepatutnya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengembangkan karier di bidang fashion.

8. Bisnis Digital

Majunya teknologi digital tak hanya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa jurusan teknik informatika saja, tapi juga mahasiswa jurusan bisnis komputerisasi.

Jurusan kuliah bisnis komputerisasi akan mengonsentrasikan untuk mempelajari bisnis dengan teknologi komputerisasi, mulai dari pemasaran dunia online, e-commerce, sampai marketing digital.

Kans kerjanya sudah tentu akan terbuka lebar sebab sekarang hampir semua perusahaan di Indonesia, malahan dunia pasti mengembangkan bisnis mereka secara komputerisasi atau online.

9. Tata Toga

Industri kuliner dari masa ke masa memang tak akan pernah ada matinya. Banyaknya invasi-inovasi masakan yang beragam membuat industri ini akan konsisten terus berjaya tiap-tiap tahunnya. Jikalau ini pastinya membuat lulusan tata boga memiliki masa depan karier yang cerah.

Dengan mengambil jurusan kuliah tata boga, karenanya akan belajar banyak mengenai masakan, mulai dari metode membuat dan meraciknya, estetika penyajiannya, sampai pengelolaan manajemen masakan.

Tidak cuma masakan Indonesia saja yang dipelajari, tetapi juga kuliner-masakan asing seperti masakan Asia serta Eropa. Untuk peluang kerjanya sendiri, kamu dapat melamar untuk menjadi koki di cafe atau membuka usaha kuliner sendiri.

(Sumber: Sindonews.com)

Baca Juga  Ini 6 Beasiswa Gratis Dibuka Agustus 2023 untuk Lulusan SMA atau Mahasiswa D3 sampai S3

Artikel ini sudah tayang di Sindonews.com dengan judul “Wow! 9 Jurusan Kuliah Ini Mahasiswanya Sudah Direkrut Perusahaan Sebelum Lulus, Tertarik?

Comments
Loading...