Ini Dia 10 Sekolah Kedinasan Jaminan PNS hingga Biaya Kuliah Gratis

banyak siswa yang mendambakan bisa melanjutkan pendidikan tinggi ke sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan kementerian

JurnalGuru.id — Keuntungan yang membuat sekolah kedinasan jadi favorit lulusan SMA, SMK, dan sederajat adalah biaya kuliah gratis, dapat uang saku, dan setelah lulus bisa lolos jadi Calon Pegawai Negari Sipil (CPNS).

Maka tak heran banyak siswa yang mendambakan bisa melanjutkan pendidikan tinggi ke sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan kementerian.

Apalagi sekolah kedinasan juga menawarkan berbagai keuntungan yang berbeda dengan universitas pada umumnya. Mungkin salah satu yang terpenting adalah jaminan karier, selain biaya kuliah gratis dan dapat uang saku.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Jika kalian tertarik masuk sekolah kedinasan, simak dulu daftar 10 sekolah kedinasan favorit yang layak dipertimbangkan untuk bekal masa depan kalian.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), berikut daftar 10 sekolah kedinasan favorit dilihat dari jumlah peminatnya yang dilansir dari artikel Zenius.

1. Politeknik Keuangan Negara (STAN)

Sekolah kedinasan paling favorit di urutan pertama adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN). Pada 2021 lalu, PKN STAN memiliki jumlah peminat sebanyak 44.455 orang.

Hal ini tidak mengherankan, mengingat PKN STAN menawarkan benefit berupa uang saku, gratis biaya pendidikan, hingga jaminan karier di lingkungan kementerian keuangan.

Tentunya benefit ini memerlukan perjuangan untuk meraihnya. Kamu tidak boleh mandapatkan nilai di bawah standar kelulusan akhir semester yang telah ditetapkan.

Jika nilainya turun dan berkurang, maka kamu akan langsung drop out. Sedikit mengerikan, ya. Tapi tenang saja, kamu pasti bisa melewatinya, kok, asalkan rajin belajar.

Baca Juga  Pejabat Kemenkominfo Turun Gunung Mengkampanyekan Etika Berjejaring di Lingkungan Sekolah

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Di peringkat kedua sekolah kedinasan favorit adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan peminat sebanyak 42.755 orang. IPDN sendiri merupakan lembaga pendidikan tinggi yang bernaung di bawah Kementerian Dalam Negeri.

Jaminan karier di bidang pemerintahan daerah dan kota menjadi salah satu penyebab tingginya jumlah peminat di IPDN. Tak hanya itu, lulusan IPDN pun memiliki peluang gaji yang fantastis, yaitu hampir sekitar Rp20 juta per bulan untuk gaji pokok dan tunjangan.

3. Politeknik Statistika (STIS)

Sekolah kedinasan favorit di urutan ketiga adalah Politeknik Statistika atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) dengan jumlah peminat sebanyak 27.501 orang. Seperti sekolah kedinasan lainnya, sekolah kedinasan ini menawarkan biaya pendidikan gratis bagi para mahasiswanya.

Tidak hanya itu, karier kamu juga pasti terjamin karena setelah lulus dari STIS kamu akan langsung diangkat menjadi CPNS dan bisa bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS).

4. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Selanjutnya, di urutan keempat ada Politeknik Imigrasi, dengan jumlah peminat sebanyak 17.323 orang. Sesuai dengan namanya, Politeknik Imigrasi ini merupakan lembaga pendidikan yang terfokus pada pelatihan dan pengajaran di bidang imigrasi.

Salah satu penyebab tingginya peminat di Poltekim adalah adanya peluang karier di Kementerian Imigrasi. Selain itu, kuliah di Politeknik Imigrasi pun tidak dipungut biaya.

5. Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD) Bekasi

Berlokasi di Bekasi, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD (PTDI-STTI) menempati urutan kelima untuk sekolah kedinasan favorit. Hal ini terlihat dari jumlah peminat sebanyak 16.844 pada 2021 lalu.

Selain biaya sekolah yang gratis, keunggulan sekolah kedinasan ini adalah lulusannya yang memiliki peluang karier besar dalam lembaga pemerintahan, khususnya Kementerian Perhubungan.

Baca Juga  Mau Lulus Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan IPDN, Ikuti 4 Tips Sukses Ini

6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Kalau kamu tertarik dengan bidang pemasyarakatan, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) bisa jadi rekomendasi sekolah kedinasan. Kerennya lagi, Poltekip sendiri menempati urutan keenam untuk sekolah kedinasan favorit dengan jumlah peminat pada 2021 sebanyak 15.493.

Sama seperti sekolah kedinasan lainnya, sekolah di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan tidak dipungut biaya. Selain itu, lulusannya pun sudah terdaftar sebagai CPNS, sehingga kamu bisa berkarier dalam bidang pemerintahan.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan sendiri berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

7. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika

Ketertarikan terhadap bidang cuaca ternyata terlihat melalui tingginya angka peminat Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, yaitu sebanyak 11.409 peminat.

Selain pelajarannya yang menarik, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, juga memberikan biaya pendidikan gratis dan juga jaminan karier. Terlihat dari lulusannya yang banyak berkarier dalam Lembaga Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

8. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah kedinasan yang satu ini merupakan lembaga pendidikan yang khusus melatih mahasiswanya untuk bekerja di bidang intelijen negara, seperti mata-mata gitu deh. Bahkan, identitas sekolah dan mahasiswanya pun dirahasiakan, lho.

Berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara, lulusan STIN pun banyak terfokus pada profesi di bidang intelijen negara. Pada 2021, terdapat 10.897 calon mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk masuk STIN.

9. Politeknik Siber dan Sandi Negara

Belakangan ini pengawasan di bidang siber seperti media sosial dan keamanannya semakin marak dibutuhkan, ya. Oleh karena itu, tidak heran jika sekolah kedinasan Politeknik Siber dan Sandi Negara pun semakin diminati.

Politeknik Siber dan Sandi Negara sendiri berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara. Makanya, lulusan sekolah kedinasan ini pun banyak yang meneruskan karier di Badan Siber dan Sandi Negara.

Baca Juga  Keren, Dua Siswa SMK PU Negeri Bandung Sabet Medali

Secara umum, keunggulan yang ditawarkan pun sama seperti sekolah kedinasan lainnya, yaitu gratis biaya pendidikan, jaminan karier, serta gaji pokok dan tunjangan untuk lulusannya.

10. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Kamu termasuk sobat KRL yang sering bepergian dengan kereta? Ternyata, sekolah bidang perkeretaapian sendiri cukup banyak diminati. Terlihat dari PPI Madiun yang menempati urutan kesepuluh untuk sekolah kedinasan favorit.

Berdasarkan data pendaftaran BKN 2021, Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun memiliki jumlah peminat sebanyak 6.949 orang.

Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun sendiri berada di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Oleh karena itu, sebagian besar lulusannya pun bekerja di badan tersebut.

(Sumber: Sindonews.com)

Artikel ini telah tayang di Sindonews.com dengan judul “10 Sekolah Kedinasan Paling Diminati, Jaminan PNS, Karier Jelas, hingga Dapat Uang Saku

Comments
Loading...