Nadiem Makarim Janji Hadirkan Ruang untuk Dukung Bakat dan Prestasi Siswa

Nadiem berkomitmen untuk menghadirkan ruang yang mendukung perkembangan bakat dan peningkatan prestasi siswa

JurnalGuru.id — Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan ruang yang mendukung perkembangan bakat dan peningkatan prestasi siswa.

“Tidak hanya bagi siswa, tetapi juga mahasiswa Indonesia sebagai bekal untuk membawa bangsa Indonesia melompat ke masa depan. Mari bergerak serentak melahirkan generasi Pelajar Pancasila yang cerdas dan berprestasi, mewujudkan Merdeka Belajar, ” ujar Nadiem pada Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra tahun 2022 dengan tema “Talenta Berprestasi, Inspirasi Negeri” di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Nadiem mengapresiasi para talenta berprestasi dan semua pihak yang telah mendukung manajemen talenta.

Jangan Lewatkan
1 of 540

“Terima kasih kepada semua pelajar berbakat di Indonesia atas semangatnya untuk terus berkarya dan berprestasi. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada mitra-mitra Puspresnas dan BPTI, serta semua pihak yang terus mendukung upaya manajemen talenta yang saat ini menjadi salah satu prioritas gerakan Merdeka Belajar,” kata dia.

Nadiem mengatakan banyak perlombaan atau turnamen yang menjadi kesempatan bagi para pelajar untuk menumbuhkan bakatnya. Namun, belum didukung program-program yang bertujuan memastikan pengembangan bakat secara berkelanjutan.

Oleh karena itu, Kemendikbudristek membentuk Puspresnas sebagai unit kerja yang fungsinya berfokus pada manajemen talenta.

Selama tiga tahun terakhir Puspresnas telah menjalankan program Ajang Berprestasi dan Ajang Talenta mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

“Banyak bidang yang bisa dipilih sesuai dengan bakat dan minat masing-masing anak, sehingga para pelajar Indonesia saat ini lebih merdeka dalam berkarya dan berprestasi,” kata Nadiem lagi.

Baca Juga  Nadiem Yakinkan UNESCO agar Indonesia Jadi Dewan Eksekutif

Sampai hari ini, kata Mendikbudristek, tercatat sudah ada lebih dari 233.000 pelajar di seluruh Indonesia yang terlibat dalam 42 ajang prestasi di tingkat nasional dan 19 ajang prestasi tingkat dunia yang dilaksanakan oleh Puspresnas dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Dalam pelaksanaan kegiatan perlombaan, Kemendikbudristek berkolaborasi dengan berbagai pihak mulai dari dinas pendidikan, sekolah dan perguruan tinggi, serta organisasi mitra.

“Kolaborasi ini menandakan semangat bersama kita untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan prestasi anak Indonesia,” jelas dia.

Kemendikbudristek, kata Nadiem, akan terus berkomitmen untuk menghadirkan ruang-ruang yang mendukung perkembangan bakat dan peningkatan prestasi bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia sebagai bekal untuk membawa bangsa dan negara Indonesia melompat ke masa depan.

“Mari kita terus bergerak serentak melahirkan generasi Pelajar Pancasila yang cerdas dan berprestasi, mewujudkan Merdeka Belajar,” ujar dia.

Presiden International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA), Aniket Sule, mengucapkan selamat kepada Kemendikbudristek atas penyelenggaraan Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra Tahun 2022.

Tim dari Indonesia senantiasa menjadi bagian penting dari komunitas di IOAA. Selain itu, Indonesia telah menjadi tuan rumah IOAA pada tahun 2008 dan 2015 dan wakil dari Indonesia telah memenangkan beragam penghargaan di dalamnya.

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kemendikburistek yang telah mampu menciptakan ekosistem untuk menumbuhkan budaya inovasi kepada mahasiswa melalui berbagai ajang kompetisi.

“Kemajuan sebuah bangsa hanya bisa dicapai kalau kita memiliki integritas, inovasi, dan kolaborasi yang menjadi sebuah rangkaian dalam menumbuhkan inspirasi. Dengan semakin banyak inspirasi maka akan semakin banyak inovasi dan akan semakin maju bangsa kita,” kata Arif.

Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra tahun 2022 diselenggarakan secara hibrida, diikuti oleh 100 orang peserta secara luring dan hampir 15.000 orang secara daring. Peserta hadir secara luring terdiri dari talenta berprestasi peraih medali emas di seluruh jenjang dan bidang prestasi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

LKBN ANTARA pun turut mendapatkan penghargaan sebagai Mitra Pendukung Ajang Talenta dan Prestasi 2022.

Baca Juga  Nadiem ke Paris Tagih Tindak Lanjut Kerja Sama Pendidikan

(Sumber: Antaranews.com)

Artikel ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul “Kemendikbudristek komitmen hadirkan ruang untuk bakat siswa

Comments
Loading...