Pesan Ditjen GTK Kemendikbud di Hari Guru Nasional 2022: Enam Karakter Ini Harus Dimiliki Para Guru dan Tenaga Pendidik

Guru Indonesia merupakan guru yang mandiri, tidak bergantung kepada orang lain

Guru Indonesia yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi, baik kualitatif maupun kuantitatif

JurnalGuru.id — Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristet, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI, menyampaikan pesan moral untuk semua guru dan tenaga pendidik di Hari Guru Nasional (HGN) 2022 yang jatuh pada Jumat (25/11/2022) esok.

Melalui akun instagram @ditjen.gtk.kemdikbud, guru Indonesia yang berakhlak mulia adalah guru yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia, dan makhluk lainnya.

Guru tersebut memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Jangan Lewatkan
1 of 138

Guru Indonesia merupakan guru yang mandiri, tidak bergantung kepada orang lain, berdiri di atas kaki sendiri, dan dapat mengatur dirinya sendiri dalam bekerja dengan penuh tanggung jawab.

Guru Indonesia yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi, baik kualitatif maupun kuantitatif untuk memecahkan masalah, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.

Guru Indonesia yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

Guru Indonesia yang kolaboratif memiliki kemampuan dalam bekerja secara gotong royong atau bersama-sama dengan sukarela agar kegiatan yang dilakukannya dapat berjalan secara lancar, mudah, dan ringan.

Guru Indonesia selalu mempertahankan garis-garis budaya luhur bangsa, lokalitas, dan identitasnya sebagai jati diri bangsa.

Namun demikian guru Indonesia harus tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan bangsa lain sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Profil Guru Pancasila yang relevan dengan profil pelajar Pancasila dominan memiliki karakter sbb:

Baca Juga  Ajak Seluruh Guru Terus Berinovasi dan Ciptakan Perubahan, Mendikbudristek: Tinggalkan Kebiasaan-kebiasaan Lama
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia
  • Mandiri
  • Bernalar kritis
  • Kreatif
  • Gotong royong/kolaboratif
  • Berkebhinekaan global

(Sumber : akun instagram @ditjen.gtk.kemdikbud)

Comments
Loading...