Lima Hal Penting yang Perlu Dilakukan Guru saat Berinteraksi dengan Siswa, Apa Saja?

ada hak anak yang harus diperhatikan para guru saat berkomunikasi

Tugas guru adalah memastikan agar anak didiknya merasa nyaman dan terus terinspirasi untuk belajar dan melakukan kebaikan.

JurnalGuru.id — Bagaimana dan apa yang harus dilakukan para guru dan tenaga pendidik terhadap anak didiknya?

Melalui akun instagram @ditjen.gtk.kemdikbud, ada hak anak yang harus diperhatikan para guru saat berkomunikasi dengan anak-anak.

Tugas guru adalah memastikan agar anak didiknya merasa nyaman dan terus terinspirasi untuk belajar dan melakukan kebaikan.

Jangan Lewatkan
1 of 138

Lalu apa yang perlu dilakukan guru dan tenaga pendidik dalam berinteraksi dengan anak didik?

Berikut lima hal yang harus diterapkan guru dan tenaga pendidik saat berinteraksi dengan anak didik:

  1. Mau mendengar
  2. Hindari membentak
  3. Minta maaf jika kita salah
  4. Jadilah sumber inspirasi
  5. Sabar dan bijak

Karakteristik siswa SD

Guru SDN 164 Karangpawulang Kota Bandung, Triska Fauziah Resmiati berbagi praktik baik mengenai karakteristik siswa SD. Hal itu dilakukannya pada Webinar bertema “Profil Guru Sekolah Dasar Masa Depan” pada Selasa (15/11/2022).

Melansir akun instagram @ditjen.gtk.kemdikbud), Triska mengungkap bahwa terdapat dua kelompok anak-anak di usia SD, yakni dari usia PAUD menuju usia kanak (kelas 1-3) dan usia anak (kelas 4-6).

“Bermainnya kelas 1, berbeda dengan bermainnya kelas 5, hal ini harus kita pahami,” ucapnya.

Triska juga mengenang konsep “anak baik” pada masa lalu, yakni anak yang duduk dengan pandangan ke depan, tangan dilipat di atas meja.

Nyatanya hal tersebut tidak sesuai dengan karakteristik siswa SD, di antaranya senang bermain, bergerak, bernyanyi, dan berkompetisi; senang berimajinasi; senang melakukan aktivitas fisik.

Triska juga mengulas tentang karakteristik senang dipuji dan mendapatkan hadiah atau penghargaan. Menurutnya, guru harus tahu cara memuji, serta hadiah tidak harus berbentuk barang.

Baca Juga  Cermati Pendaftarannya, Ada Lowongan 419.146 PPPK Guru 2024

Terkait karakteristik generasi alpha yang terbiasa dengan TIK, maka guru harus memahami bahwa sumber informasi anak bukan dari guru saja. Bahkan anak pun bisa menjadi narasumber informasi.

(Sumber : akun instagram @ditjen.gtk.kemdikbud)

 

 

Comments
Loading...