Guru-guru Diharapkan Siap Adaptasi Lagi Sistem Belajar Mengajar saat Trend Covid-19 Menguat

Pendidikan cepat adaptasi terhadap Trend Covid

Segenap guru harus berupaya beradaptasi dengan situasi, kondisi, serta sistem belajar-mengajar.

JurnalGuru.Id — Bupati Sukoharjo Etik Suryani meminta guru harus cepat beradaptasi dengan situasi, kondisi serta sistem belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 dan perkembangan dunia pendidikan. Apalagi jika trend Covid terus menguat.

Hal ini perlu dilakukan demi menghasilkan anak didik berkualitas yang akan menjadi penerus bangsa Indonesia mengingat banyaknya tantangan pembelajaran dihadapi.

Selama dua tahun ini, wajah pendidikan Indonesia sedikit kusam dan mengerut dari pada tahun–tahun sebelumnya, sebagai akibat dari wabah pandemi Covid-19.

Jangan Lewatkan
1 of 70

“Wabah tersebut adalah ujian nyata tidak hanya bagi dunia pendidikan di Indonesia bahkan di dunia. Segenap guru harus berupaya beradaptasi dengan situasi, kondisi, serta sistem belajar-mengajar,” kata Etik Suryani, Kamis (17/11).

Terasa atau tidak, pandemi adalah ujian hebat yang mengajak kita untuk memetik hikmah terkait dengan pendidikan.
Saat ini, orangtua semakin sadar akan pentingnya membimbing anak di rumah.

Para guru semakin sadar akan pentingnya teknologi sebagai akselerator pendidikan, dan semua orang mungkin sudah mulai sadar bahwa pendidikan adalah investasi berharga.

“Mari, kita semua, khususnya dunia pendidikan bangkit. Entah itu sekolah pelosok maupun kota, entah itu sekolah ujung maupun di tepi jalan, masing-masing perlu saling mendukung, berkolaborasi, serta bersinergi untuk memulihkan pendidikan,” katanya.

Bupati juga mengatakan, kualitas pembelajaran adalah tugas dan tanggung jawab yang harus dipegang teguh para guru, sedangkan memperjuangkan aspirasi adalah komitmen para pengurus.

“Untuk itu para guru dan tenaga pendidik di Kabupaten Sukoharjo, untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilannya, berpikir kreatif dan inovatif, sehingga mampu memenuhi tuntutan dan tantangan pendidikan sekarang ini, dan kepada para pengurus PGRI, untuk terus bekerja keras mengawal perjuangan dan aspirasi anggotanya,” tambah Bupati.

Sumber: radarsolo.jawapos.com
Tautan: https://radarsolo.jawapos.com/daerah/sukoharjo/18/11/2022/bupati-etik-minta-guru-harus-adaptasi-sistem-belajar-mengajar-ditengah-pandemi-covid-19/

Baca Juga  Guru-guru Ikut Siaga Dorong Imunisasi Lengkap Siswa, Kemendikbudristek Dukung Penuh

 

Comments
Loading...