Inilah Panduan buat Guru Pelamar PPPK Tentang Cara Membuat Deskripsi Diri Guru

Siapkan Deskripsi Diri buat Pendaftaran PPPK Guru

Saat masuk ke akun laman sscasn.bkn.go.id, pelamar akan diminta untuk menuliskan contoh deskripsi diri guru maksimal 3.000 kata.

ANDA seorang guru dan tertarik untuk ikut mendaftar pada program PPPK Guru? Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Honorer adalah individu yang ditugaskan sebagai guru bukan ASN di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah.

Pendaftaran PPPK Guru secara resmi dibuka sejak 31 Oktober 2022 sampai dengan 13 November 2022. Pendaftar perlu menyiapkan contoh deskripsi diri guru untuk mendaftar.

 

Pembuatan Deskripsi Diri

Jangan Lewatkan
1 of 128

Berikut adalah Cara Membuat dan Contoh Deskripsi Diri Guru.
Pendaftaran PPPK bisa dilakukan melalui laman sscasn.bkn.go.id. Saat masuk ke dalam akun, nantinya pelamar akan diminta untuk menuliskan contoh deskripsi diri guru maksimal 3.000 kata.
Bagaimana cara menuliskannya dengan baik?
Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam menerapkan cara membuat agar deskripsi tersebut bisa dimaksimalkan dengan baik.
Poin-poin yang harus dituliskan dalam contoh deskripsi diri guru adalah:

  • Menuliskan identitas diri meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir secara lengkap dan jangan sampai salah.
  • Menjelaskan secara detail mengenai sekolah yang ditempati mengajar meliputi nama sekolah, durasi lama mengajar, kontribusi yang sudah diberikan pada sekolah, serta prestasi-prestasi yang sudah pernah diraih.
  • Sampaikan hubungan Anda dengan para siswa dan guru yang lain.
  • Jelaskan pula hubungan Anda dalam bermasyarakat, misalnya Anda aktif dalam organisasi masyarakat, kegiatan bermasyarakat atau bentuk kontribusi lainnya.
  • Jangan lupa untuk menambahkan hal lain yang bernilai positif dan bisa menjadi inspirasi sesuai apa yang pernah Anda lakukan.
Baca Juga  Pengumuman Hasil Tes PPPK Guru 2023 Semakin Dekat, Ikuti Terus Tahapannya

 

Contoh Deskripsi Diri Guru

Berikut salah satu contoh deskripsi diri guru yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi dalam pembuatannya:

Nama saya Farah Adinda dan biasa dipanggil Farah. Saya lahir di Kota Surabaya pada 27 Oktober 1999.

Saat ini, saya merupakan guru tenaga honorer di SMP Negeri 10 Surabaya. Saya telah menjabat sebagai guru honorer selama 6 tahun dan masih mengajar hingga saat ini. Adapun mata pelajaran yang saya ajarkan adalah Ilmu Pengetahuan Sosial, khususnya Geografi untuk kelas VII dan VIII.

Dalam melaksanakan tugas sebagai guru honorer, saya selalu berupaya agar bisa menyampaikan materi menggunakan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa.

Apabila siswa mulai merasa bosan dan menurun tingkat belajarnya, saya akan berusaha untuk melakukan proyeksi untuk diri saya sebagai pengajar.

Untuk mengetahui perkembangan siswa, khususnya pada materi yang saya ajarkan, saya mencoba menjalin kedekatan yang baik dengan tujuan agar lebih mudah memahami keadaan mereka.

Dengan begitu, saya juga bisa memahami karakteristik serta emosial siswa. Sehingga nantinya saya mampu memberikan metode mengajar yang baik dan memberikan pemahaman siswa secara menyeluruh.

Jika ada lomba yang diadakan di luar sekolah, seperti olimpiade, saya selalu mengusahakan agar anak didik saya bisa ikut dan menunjukkan prestasinya.

Selain itu, saya juga menjalin dan membangun komunikasi yang baik dengan guru-guru lain sebagai rekan kerja. Saya juga tak menyia-nyiakan untuk selalu belajar dari guru-guru berpengalaman di sekolah tersebut.

Dalam kehidupan bermasyarakat, saya juga berusaha untuk tetap bisa memberikan kontribusi di daerah setempat.

Saya selalu meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan dan partisipasi dalam organisasi masyarakat atau ikut serta dalam kegiatan gotong royong.

Baca Juga  Awas Penipuan Berkedok BKN atau BKPSDM, Pengisian PPPK Guru Dipastikan Gratis

Demikianlah cara membuat dan contoh deksripsi diri guru yang perlu Anda masukkan saat melakukan pendaftaran PPPK guru. Sebaiknya Anda memastikan bahwa semua poin penting bisa tertulis secara lengkap, agar dapat menjadi nilai positif penilaian diri Anda.

Sumber kumparan.com
Comments
Loading...