Jumlah Tenaga Guru yang Dibutuhkan di Karawang Tahun Ini Lebih Banyak, Guru Honorer Punya Peluang Besar Jadi PPPK

"Pada 2022 ini, alokasi formasi PPPK guru sebanyak 2.247," kata Taopik

Informasi pendaftaran PPPK tenaga guru itu di Karawang diumumkan website https://bkpsdm.karawangkab.go.id.

JURNALGURU.ID — Pendaftaran penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK 2022 untuk tenaga guru di wilayah Karawang, Jawa Barat, membuka kesempatan peluang besar bagi guru honorer.

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Sistem Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang, Taopik Maulana mengungkapkan, tahun ini jumlah formasi PPPK untuk tenaga guru yang didapatkan di Karawang cukup banyak jika dibandingkan tahap III Februari 2022 lalu jumlah formasinya hanya sekitar 495.

“Artinya dari data kami tenaga guru non ASN atau honorer di Karawang ada kurang lebih 10 ribuan. Adanya pendaftaraan PPPK sekarang ini mampu menyerap 30 persen honorer guru menjadi PPPK,” ucap Taopik Maulana, melansir TribunBekasi.com.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Informasi pendaftaran PPPK tenaga guru itu di Karawang diumumkan website https://bkpsdm.karawangkab.go.id.

Seleksi PPPK tenaga guru ini dibuka berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada 2022.

“Pada 2022 ini, alokasi formasi PPPK guru sebanyak 2.247,” kata Taopik.

Lalu apa persyaratan yang harus dipenuhi guru honorer untuk mengikuti seleksi PPPK tenaga guru?

Prioritas 1 peserta yang pernah ikut seleksi tahun kemarin yang memiliki nilai di atas passing grade.

Kemudian prioritas 2 atau eks kategori 2 dan prioritas 3 atau guru honorer mengajar di negeri yang sudah terdaftar di dapodik minimal 3 tahun atau enam semester.

“Jadi umum tidak bisa, karena sudah disekat calon pesertanya, itu sudah terpetakan saja karena engga akan keluar dari situ,” katanya.

Baca Juga  Guru Honorer Menanti Kepastian Nasib Setelah Dinyatakan Lulus Passing Grade

Alurnya, Taopik menerangkan tahap awal diisi dahulu formasi bagi Prioritas 1. Dari sisa formasi itu baru akan diisi oleh Prioritas 2 dan Prioritas 3.

Pendaftar prioritas 2 dan prioritas 3 tidak akan dilakukan tes. Mereka akan dinilai, mulai oleh guru dianggap senior tempat mengajar, kepala sekolah, pengawas, Dinas Pendidikan dan BKPSDM.

“Prioritas 1 diatas passing grade pasti mendapatkan formasi tidak tes lagi karena sudah tahun lalu. Kemudian bagi prioritas 2 dan 3 mereka juga cuman daftar aja sudah engga ada tes lagi,” beber dia.

Berikut jadwal singkat seleksi PPPK 2022 untuk tenaga guru dari website BKN.

  • Pengumuman seleksi dan pendaftaran seleksi (untuk semua pelamar) dibuka 31 Oktober hingga 13 November 2022.
  • Dilanjutkan dengan seleksi administrasi di tanggal 31 Oktober s.d 15 November 2022.
  • Lalu pengumuman hasil seleksi administrasi untuk P1,P2, P3 dan Pelamar Umum dilakukan pada 16 s.d 17 November 2022.
  • Dilanjutkan dengan masa sanggah, serta tahapan-tahapan seleksi berikutnya hingga pengumuman seleksi akhir di Februari 2023.

Bagi Anda yang ingin mengikuti pendaftaran PPPK guru tahun ini, dapat mengakses sscasn.bkn.go.id.

Laman tersebut merupakan portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) BKN. Informasi lebih lanjut bisa diakses melalui gurupppk.kemdikbud.go.id. *

Comments
Loading...